18 Sep 2012

Diklat Tutor 2012, Tutor Ujung Tombak Keberjalanan Tutorial PAI-SPAI MKDU UPI


Oleh: Dhelvita Sari



            Diklat Tutor merupakan sebuah pembekalan untuk para calon tutor sebelum mereka membina dan membimbing mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) selama  satu semester. Kegiatan Diklat Tutor (Diktor) selalu diadakan setiap awal semester. Semester ganjil 2012-2013, kegiatan diktor ini diikuti oleh para tutor yang lulus seleksi dan mengikuti alur open reckruitmen Tutor (Oprec Tutor) yang ditetapkan Tutorial.

            Tutor adalah mahasiswa UPI yang telah lulus seleksi penerimaan Tutor mulai dari seleksi administrasi, tes tulis, dan wawancara. Tutor merupakan ujung tombak keberjalanan tutorial PAI-SPAI MKDU UPI, sebab tutor yang langsung terlibat dan berhadapan langsung dengan para peserta tutorial (mahasiswa baru) dan membimbing serta menangani peserta tutorial. Tutor yang mendaftar berjumlah 254 orang lebih mahasiswa UPI tingkat 2 yang berkomitmen membimbing mahasiswa baru UPI. Mahasiswa yang mendaftar ada 172 orang akhwat dan 82 orang ikhwan. Mahasiswa yang lulus menjadi tutor diharuskan mengikuti diktor. Tutor yang tidak hadir akan diberikan tugas pengganti yang sesuai.
            Tujuan dari kegiatan diktor ini sebagai pendidikan dan latihan dasar tutor dalam rangka mendidik, melatih dan membekali para tutor agar mampu melaksanakan kegiatan tutorial dengan baik sesuai dengan standar operasional yang baku. Kegiatan diktor semester ganjil 2012-2013 diadakan hari Sabtu dan Ahad, 15-16 September 2012 di pesantren Nurul Huda di Cikole-Bandung. Selama dua hari satu malam peserta diktor dibekali dengan keilmuan dasar-dasar agama Islam. Terdapat tujuh materi pembekalan yang disajikan. Pada hari sabtu peserta mendapatkan sajian materi yaitu; 1) Eksistensi dan urgensi Tutorial dalam pembinaan mahasiswa UPI disampaikan oleh Ketua MKDU, Drs. H. Abas Asyafah, M.Pd. 2) Konsep Pendidikan Islam oleh Dosen PAI, Dr. Edi Suresman, M.Ag. 3) Manajerial Tutorial oleh Ketua Penyelenggara Tutorial, Drs. Toto Suryana A, M.Pd. Selanjutnya pada hari Ahad materi yang diberikan yaitu; 1) Urgensi Pengamalan dan kepribadian Islam oleh dosen PAI, Tedi Supriadi, S.H.I, M.Ag. 2) Perbandingan Madzhab oleh Dosen PAI, Drs. Fakhrudin, M.Ag. 3) Tafsir Tarbawi dalam konteks Tutorial oleh Dosen PAI, M. Iman Firmansyah, M.Ag. Dan seluruh rangkaian materi ditutup oleh sebuah training dan simulasi How To Be Super Creative Tutor yang disampaikan oleh Ence Surahman Mahasiswa Berprestasi 2011 sekaligus Ketua Umum Tutorial 2011.
Jenis kegiatan selama diktor di antaranya; pembekalan ilmu dan tsaqofah keislaman oleh dosen-dosen PAI, target tilawah dua juz Al-Quran dan qiyamul lail, training motivasi, outbond Tutor ke hutan pinus Lembang, pengembangan wawasan ke-Tutorialan dan forum diskusi Tutorial antara pengurus, penyelenggara dan tutor.

 
          Kegiatan Diktor di tutup dengan penyampaian pesan ketua penyelenggara tutorial, Drs. Toto Suryana A, M.Pd kepada para tutor untuk lebih berkomitmen menjalankan tugasnya sebagai tutor di tutorial dan para pengurus tetap semangat menjalankan amanah di Tutorial.

2 komentar:

  1. Assmlkm.
    agenda yang bagus, tp disayangkan tdak ikut,
    punya data materinya t?
    klo ada hub. no ana 087821356106
    email asepcahyawan@ymail.com
    Jzk.

    BalasHapus
  2. Waswrwb.
    Ini Asep Pengurus UKDM angktn 2010 ya?
    Kebetuln tth tdk pnya akh, Cb tny k pgrus tutorial yg ad d sekre. atw cb knjungi web tutorial: TutorialPAI.MKDU.UPI.EDU

    Syukron sdh mampir d blog ini.

    BalasHapus