23 Mei 2011

Ingin Gaul Ikut Mentoring

 
Orang beranggapan bahwa remaja yang senang Jalan-jalan ke mall, nongkrong di kafe-kafe, pergi karaokean dan aktivitas hura-hura lainnya adalah orang yang gaul. Remaja dikatakan ‘kuper’ alias kurang pergaulan ketika tidak ikut terlibat di dalamnya, menikmati masa muda dengan hura-hura adalah hal yang paling membahagiakan menurut mereka.

Saat suguhan dunia cenderung melenakan manusia terutama kalangan remaja, hampir setiap sisi kehidupan mereka godaan-godaan itu menghampiri. Menganggap hidup dalam kebebasan tanpa aturan itu lebih menyenangkan. Hawa nafsu mengendalikan diri, emosi masih labil hingga jalan hitam pun jadi cicipan yang mempengaruhi diri. Terjerembab ke dalam lembah kefanaan (kerusakan). Hingga sesal pun tiada arti

Rubah paradigma tersebut.
Kini, ingin gaul ikut mentoring. 
Jadi remaja gaul bahagia dunia akhirat syurga.

Apa itu mentoring ? Mentoring itu adalah sekumpulan orang-orang, yang terdiri dari 10-12 orang yang mempelajari islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, kalau begitu pasti boring donk! Terus-terusan dengarin ceramah. Salah, mentoring tak selamanya mendengarkan kakak mentor atau tutor menyampaikan materi. Mentoring tak hanya sekedar ngaji, ngedengerin materi tapi lebih dari itu. Ada aktivitas hati, berempati, memotivasi, berbagi dan masih banyak yang akan kau temui. Di sini akan kau temui spirit, perubahan diri, dan masih banyak hal lain yang membuatmu rindu berkumpul lagi. Berbagai kisah nyata bagaimana seseorang bisa berubah, mendapat hidayah melalui mentoring atau tarbiyah.

Mentoring menjadikan remaja istimewa dalam setiap sisi, istimewa dalam fikriyah (pemikiran), jasadiyah (jasmani), dan Ruhiyah (jiwa). Gaul dalam segi pemikiran, jasmani, dan jiwa. Saling melengkapi satu sama lain, hingga tercipta akhlak mulia dan generasi muda yang berkepribadian islami.  


Mahasiswa  Universitas Pendidikan Indonesia mendengarkan materi keislaman di masjid Al-Furqon



Kegiatan Kuliah Dhuha di Program Tutorial UPI






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar